Halaman

Kamis, 23 Desember 2010

Abstrak skripsi


ABSTRAK

Judul               : HUBUNGAN    PENDIDIKAN    AGAMA    ISLAM    DENGAN
PENANGGULANGAN   KENAKALAN   SISWA   DI   SMA   ISLAM BRAWIJAYA MOJOKERTO
Nama               : AHMAD ASHIM MURTADLO
NIM                : 20052401347
NIMKO          : 2005.4.024.0001.1.01112

Pembinaan nilai-nilai agama islam di lembaga pendidikan berbasis islam seperti SMA Islam merupakan sesuatu yang penting, dan terlihat pada sisi bagaimana nilai-nilai tersebut tercermin pada perilaku siswa dalam proses pembelajaran di sekolah maupun diluar sekola, sebagai suatu kesatuan sistem pembelajaran.
Pendidikan islam tanpa dasar nilai-nilai agama islam akan kehilangan arah dan subtansi pendidikannya, sebab di dalam agama islam tujuan pendidikan tidak sekedar menjadikan anak didik pandai, tetapi juga bagaimana perilaku siswa mencerminkan nilai-nilai agama, yang ditanamkan melalui pengajaran dan pembelajaran kepada siswa.
Berkaitan dengan hal itu, dalam skripsi ini penulis akan meneliti bagaimana pendidikan agama islam di SMA Islam Brawijaya Mojokerto, Bagaimana Penanggulangan kenakalan siswa di SMA Islam Brawijaya Mojokerto, dan adakah hubungan pendidikan agama islam dengan penanggulangan kenakalan siswa di SMA Islam Brawijaya Mojokerto. Persoalan-persoalan yang diungkapkan tersebut, penulis rumuskan dalam kerangka penelitian tentang hubungan pendidikan agama islam dengan penanggulangan kenakalan siswa di SMA Islam Brawijaya Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan teknik Populasi karena jumlah semua populasi kurang dari 100, yaitu sebanyak 30 responden, yang terdiri dari siswa yang sering melanggar peraturan sekolah (bermasalah) dan Dewan guru yang terlibat dalam penaggulangan kenakalan siswa di SMA Islam Brawijaya Mojokerto.
Hasilnya, dengan menggunakan rumus "r" Product Moment, maka diperolehlah jumlah rxy sebesar 0,387, dan angka indeks korelasi tidak bertanda negatif, yang berarti korelasi antara variabel X (pendidikan agama islam) dengan Variabel Y (penanggulangan kenakalan siswa) terdapat hubungan yang positif atau searah. Dengan kata lain, terdapat korelasi positif antara kedua variabel, yang artinya pendidikan agama islam memmpunyai hubungan yang baik dengan penaggulangan kenakalan siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran anda adalah perbaikan kami